July 30, 2021 7:15 pm
Cara Melindungi Data Pribadi Dengan Aman dan Mudah

Cara Melindungi Data Pribadi Dengan Aman dan Mudah

  1. Jauhi simpan username dan sandi akun-akun penting secara automatis.

Semua account online yang Anda kira penting seperti account berbelanja e-commerce, dompet digital, internet banking, e-mail sampai media sosial. Yakinkan Anda memakai password / sandi yang susah diterka dan memakai sandi berbeda pada tiap account digital Anda. Janganlah lupa, aktifkan 2 tahapan klarifikasi pada program itu supaya keamanannya lebih terbangun.

Cara Melindungi Data Pribadi Dengan Aman dan Mudah

  1. Tidak boleh asal-asalan click link atau tambahan iklan pop-up yang kerap ada saat Anda berseluncur atau melihat.

Ingat! virus cyber banyak tersisip didalamnya, bahkan juga terkenal modus kejahatan cyber dengan membuat link yang serupa dengan web satu bank atau perusahaan besar seperti listrik, pajak yang ditegaskan dapat mengelabui dan menipu Anda.

  1. Jangan sampai membagi info individu (sandi /PIN/ code OTP/ CVV ) ke siapa saja.

Info yang karakternya rahasia harus Anda jagalah. Anda harus memahami supaya tidak terjerat penipuan dengan modus minta Anda mengirim sandi atau code OTP Anda. Catatan, seharusnya Anda memakai password yang unik dan kuat dengan gabungan kombinasi huruf, angka, lambang huruf besar dan kecil. Upayakan selalu pakai password yang berbeda di antara account satu sama yang lain. Janganlah lupa untuk aktif menukar password/PIN account banking dan account digital yang lain secara periodik, baiknya enam bulan sekali untuk jaga keamanan Anda.

  1. Tidak upload, sharing atau posting data personal ke sosial media.

Jangan sampai dengan menyengaja mengupload photo KTP, KK, NPWP, SIM atau identitas yang lain di media sosial Anda. Ini dapat mengundang tindak kejahatan cyber oleh pelaku yang tidak bertanggungjawab. Hati-hatilah dan tidak boleh asal-asalan mengupload data personal di basis sosial media Anda. Jauhi sharing info identitas data personal di kotak kometar di beberapa basis media sosial (Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dst), web dan program yang tidak sah atau mungkin tidak Anda ketahui. Apabila sudah telanjur dan Anda tidak paham awalnya, karena itu selekasnya hapus posting itu.

  1. Berhati-hati dengan telpon dari nomor tidak Anda kenali atau info lewat e-mail dan SMS berhadiah.

Berhati-hatilah karena modus penipuan usang ini cukup ramai, sebaiknya Anda tidak gampang tertarik dengan iming-iming hadiah besar yang tidak terang. Yakinkan dobel check alamat e-mail yang Anda terima. Ingat banyak modus penipuan perampokan data (Phishing) berawal dari e-mail. Tidak boleh gampang yakin dan langsung men-klik link link di e-mail atau mengirimi data informasi diri ke e-mail yang Anda terima. Jauhi tuliskan nama e-mail/nomor HP saat menjelajahi internet. Ingat, jika tidak penting seharusnya tak perlu daftar/subscribe beberapa hal itu karena beberapa data individu Anda cuman akan jadi sasaran pemasaran, bahkan juga bisa saja penipuan cyber. Jika Anda saat ini memerlukan pengacara perceraian di bali bisa langsung kunjungi website pengacaradibali.com

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *